Macam-Macam Aliran Lukisan



Surrealisme

Lukisan aliran surrealisme ini kebanyakan menyerupai bentuk-bentuk yang sering ditemui di dalam mimpi dan sebenarnya bentuk dari gudang fikiran bawah sadar manusia. Pelukis berusaha untuk membebaskan fikirannya dari bentuk fikiran logis kemudian menuangkan setiap bagian dari objek untuk menghasilkan sensasi tertentu, yang bisa dirasakan manusia tanpa harus mengerti be
ntuk aslinya. Salah satu tokoh yang populer dalam aliran ini adalah Salvador Dali.
            Contoh:
           


Kubisme


Adalah aliran yang cenderung melakukan usaha abstraksi terhadap objek ke dalam bentuk-bentuk geometri untuk mendapatkan sensasi tertentu. Salah satu tokoh terkenal dari aliran ini adalahPablo Picasso.
            Contoh:

Romantisme


Merupakan aliran tertua di dalam sejarah seni lukis modern Indonesia. Lukisan dengan aliran ini berusaha membangkitkan kenangan romantis dan keindahan di setiap objeknya. Pemandangan alam adalah objek yang sering diambil sebagai latar belakang lukisan.Romantisme dirintis oleh pelukis-pelukis pada zaman penjajahan Belanda dan ditularkan kepada pelukis pribumi untuk tujuan koleksi dan galeri di zaman kolonial. Salah satu tokoh terkenal dari aliran ini adalah Raden Saleh.
            Contoh:

Abstrak
Pelukis abstrak merasa bahwa lukisan tidak harus menunjukkan satunya hal yang dikenali. Dalam lukisan mereka, mereka tidak mencoba untuk menunjukkan orang, binatang, atau tempat-tempat persis seperti yang muncul di dunia nyata. Mereka terutama digunakan warna dan bentuk dalam lukisan mereka untuk menunjukkan emosi. Beberapa Seni abstrak disebut juga Non-tujuan seni. Dalam non-obyektif seni, Anda tidak melihat objek tertentu. Hal ini tidak dicat agar terlihat seperti sesuatu yang spesifik.

This entry was posted in by fahrul rozi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

The Pirate. All Rights Reserved. Diberdayakan oleh Blogger.